Sistem Informasi BRImo (Mobile Banking BRI)

SISTEM INFORMASI BRIMO (MOBILE BANKING BRI)

Nama : Susi Halimah
NIM : 7101420008
Rombel : P AP 2020 A
Dosen Pengampu : Bapak Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai sebuah sistem informasi yaitu BRImo atau mobile banking BRI. Apa itu BRImo? Mengapa BRImo disebut sebagai sebuah sistem informasi? Dalam aplikasi tersebut terdapat informasi apa saja? Apa saja hardware, software, jaringan, dan database dalam sistem tersebut? Siapa saja pengguna dan pengembang sistem informasi pada aplikasi BRImo? Tentunya hal-hal ini yang sering ditanyakan untuk mengetahui lebih jelas mengenai sistem informasi pada aplikasi BRImo. Inilah yang akan saya bahas lebih lanjut pada tulisan saya kali ini.


BRImo merupakan aplikasi keuangan digital Bank BRI terbaru berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi dengan user interface dan user experience terbaru, fitur login face recognition, login fingerprint, top up gopay, pembayaran QR dan fitur-fitur menarik lainnya dengan pilihan source of found atau sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan rekening giro atau tabungan. 

Aplikasi BRImo adalah sebuah sistem infomasi yang menyajikan berbagai fitur menarik untuk transaksi perbankan yang disediakan oleh Bank BRI. Dalam aplikasi tersebut tentunya terdapat sistem yang membangunnya sehingga dapat digunakan dan terintegrasi dengan berbagai fitur seperti e-wallet, PLN, PDAM, dan lain-lain. Sistem inilah yang terus dikembangkan dan menjadikan berbagai data didalamnya dapat diproses sehingga dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan demikian, sistem informasi pada aplikasi BRImo tersusun secara sistematis dan terintegrasi sehingga dapat memberikan berbagai layanan kemudahan atau informasi bagi pengguna.

BRImo sebagai sebuah sistem informasi tentunya menyajikan informasi yang terdapat dalam berbagai menu yaitu sebagai berikut :
1. Home
Dalam menu home ini terdapat informasi mengenai fitur-fitur yang dapat digunakan oleh pengguna dalam bertransaksi. Fitur-fitur tersebut meliputi saldo rekening utama, transfer, dompet digital, listrik, asuransi, catatan keuangan, donasi, travel, dan pinjaman BRI. 
  • Saldo rekening utama adalah menu yang menginformasikan tentang saldo rekening nasabah dengan berisikan data-data seperti total saldo, nomor rekening, nomor kartu, nama rekening, nama alias (jika ada), status rekening (rekening utama atau rekening lain), dan status kartu (aktif atau tidak).
  • Transfer adalah menu yang memuat informasi mengenai cara nasabah melakukan transfer dan ketentuan didalamnya seperti bank yang menjadi tujuan transfer dan nominal minimal transfer. Dalam menu ini terdapat berbagai data seperti bank tujuan (Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank BCA, Bank Danamon, Bank Mega, Bank Jateng, dan sebagainya), nomor rekening atau alias, nominal transfer (minimal Rp10.000), sumber data (rekening utama atau rekening lain), dan konfirmasi transfer dengan PIN BRImo.
  • Dompet digital adalah menu yang memuat informasi mengenai layanan top up saldo e-wallet dengan berbagai jenis dan kemudahan. Menu ini berisi data-data seperti dompet digital (GoPay, LinkAja, OVO, ShopeePay, Dana, dan sebagainya), nomor handphone yang terdaftar dalam e-wallet, nominal top up e-wallet (minimal Rp10.000), sumber dana (rekening utama atau rekening lain), dan konfirmasi top up dengan PIN BRImo.
  • Listrik merupakan menu yang menyajikan informasi mengenai kemudahan nasabah dalam membayar tagihan listrik. Dalam menu ini terdapat berbagai data seperti produk listrik (token listrik, tagihan listrik, non tagihan listrik), ID pelanggan atau nomor meter, nominal pembelian (Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp200.000, Rp500.000, Rp1.000.000, Rp5.000.000, Rp10.000.000), dan konfirmasi pembayaran dengan PIN BRImo.
  • Asuransi merupakan menu yang memuat informasi mengenai pembayaran berbagai jenis asuransi yang digunakan oleh nasabah. Dalam menu ini berisikan data-data seperti jenis asuransi (Allianz Life, BRI Insurance, dan Prudential), nomor polis, nominal, dan konfirmasi pembayaran dengan PIN BRImo.
  • Catatan keuangan adalah menu yang memuat informasi mengenai catatan pengeluaran, pemasukan, dan laporan keuangan yang dilakukan oleh nasabah. Pada bagian pengeluaran terdapat data-data seperti jumlah nominal, kategori (makanan dan minuman, kesehatan, pendidikan, investasi), tanggal (pilih tanggal yang sesuai dengan pengeluaran), pembayaran (tunai, debit, dompet digital, kartu kredit, dan sebagainya), serta note atau catatan yang bersifat opsional. Kemudian, pada bagian pemasukan berisi data-data seperti jumlah nominal, kategori (gaji, usaha, bonus, bunga, hadiah, uang masuk), tanggal (pilih tanggal yang sesuai dengan pemasukan), dan note atau catatan yang bersifat opsional. Sedangkan, pada bagian laporan berisi data-data seperti siklus laporan (berdasarkan tanggal pada kalender), pemasukan, pengeluaran, dan selisih yang dinyatakan dalam jumlah nominal.
  • Donasi merupakan menu yang memuat informasi mengenai pembayaran atau penyaluran donasi kepada pihak penyelenggara. Menu ini berisikan data-data seperti produk donasi (YBM BRI, Dompet Dhuafa, dan sebagainya), nominal (Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, Rp70.000, Rp100.000, Rp150.000, Rp200.000, Rp300.000), dan konfirmasi donasi dengan PIN BRImo.
  • Travel adalah menu yang menyajikan berbagai informasi jika ingin memesan tiket untuk berpergian atau travelling. Menu ini berisi data-data seperti jenis akomodasi (bus dan shuttle, pesawat, hotel) serta e-tiket dan voucher yang dapat digunakan yaitu traveloka.
  • Pinjaman BRI yaitu menu yang memuat informasi mengenai pinjaman BRI yang dapat digunakan oleh nasabah. Dalam menu ini berisi data seperti total sisa pinjaman (jumlah nominal), ajukan baru dan bayar pinjaman baru (akan segera hadir karena fitur baru).
2. Mutasi
Dalam menu mutasi ini terdapat berbagai informasi mengenai mutasi atau riwayat transaksi yang dilakukan oleh nasabah dalam penggunaan aplikasi BRImo. Informasi tersebut dibagi ke dalam dua menu yaitu cari mutasi dan hasil mutasi. Pada menu cari mutasi terdapat berbagai data seperti pilih rekening (rekening utama atau rekening lain) dan pilih tanggal (hari ini, minggu ini, pilih tanggal sendiri, kemarin, atau bulan ini). Kemudian, pada menu hasil mutasi terdapat data-data seperti tanggal/bulan/tahun (dd/mm/yyyy), biaya administrasi (Rp5.500), biaya bulanan ATM (Rp2.500), dan aktivitas pengeluaran atau pemasukan yang dinyatakan dalam jumlah nominal.

3. Aktivitas
Dalam menu aktivitas ini menunjukkan informasi mengenai riwayat jenis aktivitas yang dilakukan oleh nasabah. Menu ini berisi berbagai data-data seperti jenis aktivitas (transfer, dompet digital, dan sebagainya) serta adanya keterangan status gagal atau sukses.

4. Akun
Dalam menu akun ini memuat informasi mengenai akun nasabah yang berisi berbagai fitur-fitur keamanan atau penggunaan aplikasi BRImo. Fitur-fitur tersebut meliputi pengaturan, bantuan, dan informasi.
  • Pengaturan merupakan menu yang memuat informasi mengenai pengaturan aplikasi BRImo yang dapat diakses atau diubah kapan saja oleh pengguna. Menu ini berisi data-data seperti fast menu (promo, dompet digital, BRIZZI, pulsa atau data, QRIS, dan catatan keuangan) serta adanya keamanan untuk mengubah password.
  • Bantuan adalah menu yang menyajikan informasi mengenai bantuan atau help contact BRI yang berisikan data-data seperti syarat dan ketentuan (registrasi, ubah ID dan password, rekening, transaksi, biaya-biaya, penghentian akses, force majeure, dan lain-lain), pusat bantuan (pengaduan saya, ajukan pengaduan, tentang BRImo, dan produk BRI lainnya), serta kontak kami (email BRI, contact center BRI, SMS BRI, website BRI, whatsapp BRI, twitter BRI, facebook BRI, dan instagram BRI).
  • Informasi yaitu menu yang memberikan informasi mengenai info kurs (kurs beli dan kurs jual), info saham BRI (open, high, low), lokasi ATM BRI dan kantor BRI yang disinkronkan terhadap lokasi google maps. 
BRImo merupakan aplikasi yang harus diinstal sehingga memerlukan hardware atau perangkat keras yang dalam hal ini adalah smartphone. Dalam smartphone ini terdapat RAM (Random Access Memory) sebagai perangkat keras guna penyimpanan aplikasi yang diinstal. Selain itu, software yang digunakan dalam aplikasi BRImo adalah disesuaikan pada perangkat lunak yang dikembangkan dalam smartphone seperti Android atau IOS. Jaringan yang digunakan dalam aplikasi BRImo adalah jaringan internet di smartphone seperti penggunaan paket data internet atau Wi-Fi. Database dalam aplikasi BRImo adalah keseluruhan data yang terdapat dalam berbagai menu di atas yang saling berhubungan dan terintegrasi dengan lainnya dalam aplikasi tersebut sehingga aplikasi dapat digunakan sebagai sistem informasi.

Pengguna BRImo adalah nasabah Bank BRI yang menginstal atau mengunduh aplikasi BRImo di smartphone melalui google play store atau app store dan melakukan registrasi sesuai panduan dari Bank BRI. Pengembang aplikasi BRImo adalah Bank BRI. Tujuan pengembangan aplikasi BRImo adalah menciptakan versi terbaru untuk mempersiapkan business model baru ke depan, pergeseran habit nasabah yang sebelumnya bertransaksi melalui unit kerja BRI, kemudian shifting ke ATM dan SMS banking diharapkan ke depan seluruh nasabah mulai bertransaksi melalui internet banking.

Demikian pembahasan saya mengenai sistem informasi yaitu aplikasi BRImo yang tentunya sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Referensi :
Website Resmi Bank BRI https://bri.co.id/brimo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Pengantar Manajemen (Buku Sentot Imam Wahjono, dkk.)

Analisa Manajemen Masjid Nurul Iman Sekaran

Materi Tim, Kelompok, Dan Komunikasi

Seorang Manajer Dalam Rumah Tangga

Diskusi Artikel_Pertemuan Ke-5

Tim, Kelompok, dan Komunikasi dalam Organisasi Karang Taruna

Manajemen Dan Manajer

Pre-test Manajemen

Sejarah Dan Perkembangan Teori Manajemen