Manajemen Dan Manajer

RESUME BAB 1. MANAJEMEN DAN MANAJER

Nama : Susi Halimah

NIM : 7101420008 

Dosen Pengampu : Bp. Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd.


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai manajemen dan manajer. Kira-kira apa saja yang saya tuliskan disini, pengen tau pastinya? Berikut pembahasan dari saya.

Pengertian Manajemen. Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan". Kata ini lalu terpengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Perancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu management dengan kata dasar to manage yang secara harfiah berarti mengelola. Manajemen diartikan sebagai pimpinan, yaitu sekelompok orang penting yang mengatur jalannya suatu organisasi atau perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah gabungan ilmu (science) dan seni (art) yang merupakan sekumpulan proses tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pemimpinan serta pengendalian atas penggunaan sumber-sumber daya organisasi yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sehingga bermanfaat bagi manusia. Dikatakan ilmu karena manajemen bisa dipelajari dari praktik-praktik di lapangan baik berupa kasus-kasus yang berhasil maupun yang gagal sehingga didapatlah suatu teori yang menjelaskan suatu tindakan (kausalitas-sebab akibat). Dikatakan sebagai suatu seni, karena dalam proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen ternyata terdapat perbedaan hasil antara penanganan satu orang dengan yang lain meskipun menggunakan teori yang sama.

Pengertian manajemen dibagi menjadi 4 yaitu : Manajemen sebagai Disiplin Ilmu Pengetahuan, Manajemen sebagai Proses, Manajemen sebagai suatu Profesi, Manajemen sebagai Seni.

Fungsi-fungsi manajemen : Planning (Pemilihan tujuan & penentuan strategi), Organizing (Sumber daya & aktivitas), Actuating (Pengarahan sumber daya & aktivitas), Controlling (Pengendalian  Sumber Daya dan aktivitas sesuai tujuan).

Bidang-bidang Manajemen : Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan/Akuntansi, Manajemen Operasional/Produksi, Manajemen SDM/ Personalia/ Insani.

Manajemen sangat dibutuhkan karena untuk mencapai tujuan dan menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, untuk mengkombinasi dan mengkoordinasi sumber daya, untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Manajemen dibutuhkan oleh siapapun, kapanpun dan di mana saja untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan bersama. Manajemen bersifat “universal” dalam hal fungsinya tetapi berbeda penerapannya, tergantung pada : tipe organisasi, kebudayaan, SDM dan lain-lain.

Organisasi adalah suatu sistem dengan mana sekumpulan manusia ingin mencapai tujuan yang dicita-citakan secara bersama. Sistem adalah suatu keseluruhan unsur yang bersifat dinamis yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan. Organisasi tidak akan lepas dari manusia, karena di dalam organisasi manusia merupakan titik sentral baik sebagai subjek maupun sebagai objek organisasi. Sumber Daya Organisasi : Manusia (man), Finansial (money), Mesin (machine), Material (materials), Metoda (methode), Informasi (information).

Manajer dipakai untuk menyebut pejabat organisasi atau perusahaan, sehingga istilah manajer tidak bisa lepas dari terminologi organisasi dan perusahaan. Dengan kata lain, manajer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi dalam mencapai sasaran organisasinya.

Tingkatan Manajerial :

- Top Management – level CEO, President Director

- Middle Management – level Manajer

- First Line – level Supervisor

- Non Manegerial – Operasional (line & staff job)

Peran Manajer :

- Interpersonal : figurehead, leader, liaison (penghubung).

- Informational : pengawas/ pengumpul informasi, penyebar informasi, juru bicara.

- Decisional : entrepreneur/ inisiator, penengah keributan, pengalokasi sumber daya, negosiator.

Sekian pembahasan mengenai manajemen dan manajer yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun pembahasannya. Terimakasih...

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sukoharjo, 9 Oktober 2020

Dosen Pengampu : Bp. Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Pengantar Manajemen (Buku Sentot Imam Wahjono, dkk.)

Analisa Manajemen Masjid Nurul Iman Sekaran

Materi Tim, Kelompok, Dan Komunikasi

Seorang Manajer Dalam Rumah Tangga

Sistem Informasi BRImo (Mobile Banking BRI)

Diskusi Artikel_Pertemuan Ke-5

Tim, Kelompok, dan Komunikasi dalam Organisasi Karang Taruna

Pre-test Manajemen

Sejarah Dan Perkembangan Teori Manajemen